Peta Materi PAI SD | Kurikulum
Peta Materi Pendidikan Agama Islam SD. Peta materi pembelajaran matematika Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013 jelas ada perbedaanya dengan kurikulum KTSP. Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu matapelajaran. Kompetensi dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
- kelompok 1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
- kelompok 2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
- kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
- kelompok 4: kelompok kompetensi dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
Pengelompokkan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum 2013 untuk kelas I sampai dengan kelas VI dapat anda lihat pada tabel di bawah ini. Pengelompokkan kompetensi dasar seperti tersebut di atas adalah sebagai berikut.
Kelas I
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2 Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. 1.3 Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas 1.4 Terbiasa bersuci sebelum beribadah 1.5 Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas |
2.
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14 2.3 Memiliki perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36 2.4 Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW 2.5 Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas 2.6 Memiliki sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 83 2.7 Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq (96): 1-5 2.8 Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci |
3.
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
3.2 Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ’Alaq (96): 1-5 3.3 Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik 3.4 Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama 3.5 Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah belajar 3.6 Mengenal tata cara bersuci 3.7 Memahami shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan 3.8 Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s. 3.9 Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s. 3.10 Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. 3.11 Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s 3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW 3.13 Memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru 3.14 Memahami perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga |
4.
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.2.1 Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dan Al ’Alaq (96): 1-5 dengan benar dan jelas 4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas 4.3 Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik 4.4 Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas 4.5 Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas. 4.6 Mempraktikkan tata cara bersuci 4.7.1 Melaksanakan shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan 4.7.2 Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya 4.7.3 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s. 4.7.4 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s. 4.7.5 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. 4.7.6 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s 4.7.7 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW 4.7.8 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru 4.7.9 Mencontohkan perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga |
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Terbiasa berwudhu sebelum shalat
1.2 Menunaikan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam 1.3 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan 1.4 Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam. |
2.
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36 2.3 Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah 2.4 Memiliki sikap kerja sama dan tolong-menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2 2.5 Memiliki sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl ayat 43 2.6 Memiliki sikap berlindung diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas 2.7 Memiliki perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr 2.8 Memiliki perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu |
3.
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
3.2 Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah 3.3 Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq 3.4 Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu 3.5 Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat 3.6 Mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr 3.7 Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu 3.8 Mengenal tata cara shalat dan bacaannya 3.9 Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan 3.10 Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah 3.11 Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2 3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s. 3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth a.s. 3.14 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s. 3.15 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya‘qub a.s. 3.16 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW |
4.
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
4.2 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman kepada Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci 4.3 Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya 4.4 Menunjukkan perilaku rajin menuntut ilmu 4.5 Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan 4.6.1 Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas 4.6.2 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas 4.7 Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar 4.8 Memperaktikkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar 4.9 Mempraktikkan doa sebelum dan sesudah makan 4.10 Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah 4.11 Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2 4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s. 4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth a.s. 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s. 4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s. 4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW |
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 3
1.2 Terbiasa berzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar 1.3 Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar. |
2.
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 23 2.3 Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar. 2.4 Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7 2.5 Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat. 2.6 Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah 2.7 Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. 2.8 Memiliki sikap kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An‘am ayat 132 |
3.
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
3.2 Mengetahui makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ 3.3 Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab 3.4 Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar 3.5 Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat 3.6 Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah 3.7 Mengetahui kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan benar 3.8 Mengetahui perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah 3.9 Memahami sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar. 3.10 3.10 Memahami sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7 3.11 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s. 3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s. 3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua) 3.14 Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan nabi Muhammad SAW |
4.
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta
4.2 Membaca Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ dan maknanya 4.3 Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi hadits 4.4.1 Menunjukkan contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar 4.4.2 Mempraktikkan tata cara shalat yang baik dan benar 4.5 Mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar 4.6 Menceritakan pengalaman pelaksanaan ibadah shalat di rumah dan sekolah 4.7.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar 4.7.2 Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar 4.7.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar 4.8 Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah 4.9 Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar. 4.10 Mencontohkan sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7 4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s. 4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s. 4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW |
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan besar
1.2 Menunaikan shalat seca ra tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT. SWT. 1.3 Menerapkan kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat 1.4 Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat 1.5 Meyakini keberadaan malaikat -malaikat Alla h SWT 1.6 Meyakini adanya Rasul -Rasul Allah SWT |
2.
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q. S At -Taubah (9): 119Taubah (9): 119
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Lukman (31): 14 2.3 Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat sek itar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Hadiid (57): 9 2.4 Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari -hari. 2.5 Memiliki sikap gemar membaca sebagai implementasi dari pemahama n Q.S. Al -‘Alaq (96): 1 -5 2.6 Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW 2.7 Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa a.s. 2.8 Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 37 2.9 Memiliki perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 27Isra (17): 27 |
3.
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
3.2 Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar. 3.3 Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim 3.4 Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam 3.5 Memahami makna ibadah shalat 3.6 Mengetahui Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan baik dan benar 3.7 Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar 3.8 Memahami sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37 3.9 Memahami perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27 3.10 Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s. 3.11 Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s. 3.12 Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s. 3.13 Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa a.s. 3.14 Mengetahui kisah keteladanan wali Songo 3.15 Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW |
4.
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada.
4.2 Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah 4.3 Membaca Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim dan maknanya 4.4 Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam 4.5.1 Memberikan contoh-contoh makna ibadah shalat 4.5.2 Menceritakan pengalaman melaksanakan shalat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah. 4.6.1 Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan tartil 4.6.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan benar 4.6.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fil dengan lancar. 4.7 Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar 4.8 Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37 4.9 Mencontohkan perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27 4.10 Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s. 4.11 Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifli a.s. 4.12 Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s. 4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s. 4.14 Menceritakan kisah keteladanan wali Songo 4.15 Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW |
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2 Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup 1.3 Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam 1.4 Menunaikan shalat tarawih dan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya |
2.
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.Al-Ahzab (33): 23
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah ayat 83 2.3 Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un 2.4 Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‘Ashr 2.5 Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18 2.6 Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan 2.7 Memiliki sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67 2.8 Memiliki sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5 2.9 Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW |
3.
|
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi
3.2 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman 3.3 Mengetahui makna Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan benar 3.4 Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad 3.5 Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia 3.6 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. 3.7 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. 3.8 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. 3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. 3.10 Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran |
4.
|
Menyajikan pengetahuan faktual d an konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
|
4.1 Membaca Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar 4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar 4.4 Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin 4.5 Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un 4.6 Mencontohkan sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18 4.7 Mencontohkan sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67 4.8 Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5 4.9 Mencontohkan sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW 4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. 4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. 4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s. 4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran |
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2 Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman 1.3 Menyakini adanya Qadha dan Qadar 1.4 Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam 1.5 Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2 1.6 Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2 |
2.
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ahzab (33): 70
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36 2.3 Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5):2 2.4 Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 12 2.5 Memiliki perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49):13 2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir 2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar 2.8 Memiliki sikap berserah diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An’am (6):162-163 2.9 Memiliki sikap fathanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW |
3.
|
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan makhluk ciptaan Tuhan makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
3.2 Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi 3.3 Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia 3.4 Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia 3.5 Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam 3.6 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. 3.7 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. 3.8 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. 3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa a.s. 3.10 Mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW 3.11 Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW 3.12 Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Quran |
4.
|
nyajikan pengetahu an faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
|
4.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan jelas dan benar
4.2 Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar 4.3 Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar 4.4 Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2 4.5 Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman 4.6 Mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Hujurat (49): 12 4.7 Mencontohkan perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 13 4.8 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. 4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s. 4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. 4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa 4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW 4.13 Menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW 4.14 Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an |
0 comments:
Post a Comment